Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi, Sejarah Perkembangan Hardware, dan Software, Review Produk IT
Haiii kawan – kawan semua selamat dating di blog saya, kali ini saya akan memebahas mengenai sejarah perkembangan sistem/ teknolohi informasi, sejarah perkembangan hardware dan software, dan juga nanti saya akan mereview produk IT yang sangat terkenal di kalangan masyarakat.
Untuk pertama yang akan kita bahas adalah perkembangan sistem informasi, sebelum membahas sejarah perkembangan sistem informasi apakah kawan – kawan mengerti apa itu sistem informasi.
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.
Setelah mengerti apa itu sistem informasi kita lanjut untuk membahas sejarah perkembangan sistem informasi
Sejarah Perkembangan Sistem Informasi
Manusia mulai mempertukarkan informasi sejak dahulu kala, sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jik dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu. Cara mempertukarkan informasi itu adalah dengan menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat. Awal sejarah perkembangan sistem informasidimulai dari sini. Tanpa langkah yang dilakukan oleh manusia kuno ini, tidak akan ada perangkat teknologi canggih seperti komputer dan telepon seluler. Ada empat tahapan yang dilalui dalam perkembangan komunikasi dan informasi,diantaranya dapat kami jabarkan dibawah ini.
1. Periode pertama: Pra Mekanik
Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.
2. Periode kedua: Mekanik
Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.
3. Periode ketiga: Elektromekanik
Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.
4. Periode keempat: Elektronik
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.
Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persatu.
Sekarang kawan – kawan sudah paham apa yang dimaksud dengan sistem informasi dan bagaimana sejarah perkembangan sistem informasi, sekarang kita lanjut membahas tentang sejarah perkembangan teknologi informasi.
Sebelum kita membahas sejarah perkembangan teknologi informasi, apa kawan – kawan sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan teknolohi informasi. Teknologi Informasiadalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer). Mari kita lanjut membahas sejarah dari perkembangan teknologi informasi
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi
Sejarah perkembangan teknologi selalu menjadi hal yang dipelajari dan diingat. Karena sejak dulu, tidak ada yang namanya serta merta teknologi menjadi canggih. Semuanya bertahap, dimulai dari yang paling primitif sampai dengan yang canggih di masa kini.
1. MASA PRASEJARAH
a. Masa (….s/d 3000 SM)
Pada zaman dahulu kala sebelum manusia mengenal akan dunia teknologi dan informasi, teknologi dan informasi pada zaman ini berfungsi sebagai suatu sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal. Segala bentuk informasi yang mereka dapatkan seperti tentang berburu, tentang binatang buruan, dan sebagainya mereka gambarkan pada dinding-dinding gua. Pada zaman tersebut, mereka mulai melakukan pengamatan tentang lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian mereka gambarkan pada dinding-dinding gua. Hal ini mereka lakukan sebab komunikasi mereka hanya sebatas pada bentuk suara dan isyarat tangan. Perkembangan berikutnya diciptakannya sebuah alat yang dapat menghasilkan suara atau bunyi-bunyian seperti kendang terompet yang dibuat dari tanduk binatang atau isyarat asap sebagai lambang atau pertanda bahaya.
b. Masa 3000 SM
Pada zaman dahulu, bangsa Sumeria yang pertama kali menggunakan tulisan dengan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol-simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi sebuah kata,kalimat dan bahasa.
c. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1) 900 SM Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno.
Hierogliph adalah bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda-beda. Saat symbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu kalimat, maka akan memiliki cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
2) 500 SM Serat papyrus digunakan sebagai kertas.
Pada zaman ini, disekitar sungai Nil banyak ditumbuhi oleh pohon papyrus. Melihat fakta tersebut mereka pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, Dari serat pohon papyrus ini, mereka kemudian membentuk serat ini menjadi sebuah kertas yang dapat dijadikan sebagai media untuk menulis ataupun media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
3) 105 M Bangsa Cina menemukan kertas.
Kertas yang ditemukan bangsa Cina ini yaitu kertas yang kita kenal saat ini. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
2. MASA MODERN (1400-AN M S/D SEKARANG)
a. Tahun 1455
Johann Guntenberg pertama kalinya menggunakan mesin cetak untuk mencetak plat huruf yang terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b. Tahun 1830
Augusta Lady Byron pertama kalinya menulis program komputer yang pertama di dunia dengan bekerja sama dengan Charles Babbage. Untuk dapat merealisasikan ini, mereka menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, mesin ini muncul 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
c. Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu untuk dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dihalangi oleh jarak dan waktu.
d. Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar besar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang. Pada zaman dahulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.
e. Tahun 1876
Pada zaman ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan desimal.
f. Tahun 1877
Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan perangkat telepon yang digunakan pertama kali secara umum. Edward Maybridge menemukan Fotografi dengan kecepatan tinggi.
g. Tahun 1899
Menggunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada zaman ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital.
h. Tahun 1923
Zvorkyn pada zaman ini menciptakan tabung TV yang pertama.
i. Tahun 1940
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
j. Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext. Pada zaman ini penggunaan hypertext telah berkembang seiring dengan perkembangan desain website.
k. Tahun 1946
Pada zaman ini teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I mulai dikembangkan walaupun belum begitu banyak pengguna tetapi teknologi komputer sudah digunakan pada instansi-instansi tertentu.
l. Tahun 1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.
m. Tahun 1957
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini dapat mengembangkan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.
USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang pertahanan atau militer.
n. Tahun 1972
Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan sebuah program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi pada jarak jauh dengan menggunakan teks. E-mail banyak disebut sebagai surat elektronik.
o. Tahun 1973-1990
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan istilah TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya: DDN, DARPA, ARPANET, dan Internet Gateway.
p. Tahun 1991- Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 komunitas internet pertama kali dibentuk, kemudian diperkenalkan dengan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC dalam rangka untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia. Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.
Sudah selesai kita membahas tentang perkembangan sistem dan teknologi informasi. Semoga kawan – kawan dapat menambah pengetahuannya tentang sejarah perkembangan sistem informasi dan teknolohi informasi setelah membaca artikel di atas.
Okayyy saatnya kita lanjut ke pembahas kedua yaitu kita akan membahas perkembangan software dan hardware, tidak sah rasanya jika kita hanya membahas sejarah perkembangan sistem dan teknologi informasi saja kita juga harus mengerti tentang perekmbangan hardware dan software suatu perangkat.
Pertama kita akan membahas sejarah perkembangan hardware, kawan – kawan paham enggak sih apa yang dimaksud dengan hardware, kalau belum paham mari kita bahas bareng – bareng. Hardware bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Sudah pahamkan apa yang dimaksud dari hardware mari kita lanjut ke sejarah perkembangan hardware.
Sejarah Perkembangan Hardware
1. Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar. Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :
1. Ukuran fisiknya besar.
2. Kecepatan prose lambat.
3. Cepat panas.
4. Membutuhkan listrik yang besar.
5. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
6. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
7. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
8. Menggunakan konsep Stored Program.
Contoh komputer generasi pertama :
1. MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
2. UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
3. ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30 ton.
4. SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
5. Datamatic 1000 (dibuat oleh Honeywell).
6. NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).
2. Generasi Kedua (1959-1965)
Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat. Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Komponen telah menggunakan transistor.
2. Ukuran fisiknya lebih kecil.
3. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
4. Tidak cepat panas.
5. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
6. Memori yang digunakan lebih besar.
7. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
8. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
Contoh komputer generasi kedua :
1. BM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
2. Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
3. Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
4. GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
5. UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
6. NCR 300 (dibuat oleh National Cash Register).
3. Generasi Ketiga (1965-1970)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang. Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut "chip" dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
2. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
3. Membutuhkan listrik lebih hemat.
4. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
5. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
6. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
7. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
Contoh komputer generasi ketiga :
1. GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
2. Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
3. UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).
4. Generasi Keempat (1970-1995)
Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan. Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
2. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
3. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.
Contoh komputer generasi keempat :
1. IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
2. APPLE II (dibuat oleh Apple).
Untuk komputer generasi yang akan datang, banyak menggunakan sensor-sensor untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dan komputer yang akan datang dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer secara langsung yang seakan-akan manusia tersebut berada dalam komputer.
Okayyy kawan – kawan kita langsung lanjut bahas tentang perkembangan software, apa kalian tau apa itu software? Software (Perangkat Lunak)yaitu sesuatu yang dapat dilihat atau didengar tetapi tidakdapat dipegang atau diraba, tergantung posisi atau tempat dimana software itu sendiri berada.
Sejarah Perkembangan Software
Sebagai gambarannya, software dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok atau bentuk seperti tampilan atau gambar yang dapat kita lihat pada layar monitor atau LCD dan berupa suara baik suara yang keluar maupun suara yang masuk. Teori pertama tentang Software Komputer diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935-nya nomor esai Komputasi dengan aplikasi ke (masalah Keputusan) Entscheidungsproblem. “Software” istilah pertama kali digunakan di cetak oleh John W. Tukey pada tahun 1958. Dalam ilmu komputer dan rekayasa Software, Software adalah semua informasi diproses oleh program sistem komputer, dan data.
Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :
1. Era Pioneer.Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
2. Era Stabil.Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
3. Era Mikro.Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux,Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
4. Era Modern.Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Sekarang udah bias membedakankan apa itu hardware dan software dan sudah tau sjarah perkembangannya. Kita move on ke pembahasan selanjutnya yaitu kita akan mereview sebuah produk IT, kira – kira produk IT apa ya yang seru untuk dibahas, kali ini saya akan membahas produk yang akan kita review adalah produk Apple lebih spesifiknya kita review produk Iphone. Siapa sih yang tidak mengenal produk yang satu ini. Produk ini sangat buming di kalangan masyarakat. Mari kita meriview produk ini…..
Perusahaan Apple pertama kali merilis Iphone di panggung Macworld Conference & Expo di tahun 2007 yang diperkenalkan oleh Steve Jobs. Ayo kita bahas ssecara detail produknya satu demi satu.
1. iPhone 2G
Setelah dirumorkan selama beberapa tahun, iPhone generasi pertama ini akhirnya menampakkan diri pada tanggal 9 Januari 2007. Label “2G” diimbuhkan ke belakangnya oleh orang-orang karena pada saat itu jaringan selulernya hanya terbatas pada teknologi EDGE saja. Apa saja kelebihan iPhone 2G? Yang pertama, layar sentuh multitouch terbesar (pada saat itu) yang sukses melahirkan cara pengoperasian yang benar-benar baru. Steve Jobs tak lupa pula memamerkan kemampuan iPhone 2G mengakses Google Maps lewat perbuatan isengnya memesan 4.000 cangkir kopi di Starbucks viatelepon.
2. iPhone 3G
iPhone generasi kedua ini diperkenalkan pada ajang WWDC 2008. Sesuai namanya, ia akhirnya membawa dukungan jaringan 3G. Namun pembaruan yang paling pantas disorot dari iPhone 3G adalah dari segi software, dimana iPhone OS 2.0 yang dijalankannya akhirnya menghadirkan App Store. Dari sinilah lahir jutaan aplikasi serta bangkitnya industri mobile gaming.
3. iPhone 3GS
iPhone 3GS memulai pola peluncuran yang sampai saat ini masih dipertahankan Apple, yakni tambahan “S” yang berarti peningkatan internal dalam desain yang sama seperti pendahulunya. Dalam acara peluncurannya di tahun 2009, dikatakan bahwa “S” pada iPhone 3GS berarti “Speed”, mengindikasikan bahwa smartphone ini punya performa yang jauh lebih cepat (2x lipat) dibanding pendahulunya. iPhone 3GS juga merupakan iPhone pertama yang membawa fitur perekaman video.
4. iPhone 4
Boleh dibilang, inilah iPhone pertama yang berhasil membuat publik secara luas terpesona, termasuk di Indonesia. Diperkenalkan lima tahun yang lalu, fitur unggulan iPhone 4 adalah Retina Display, dimana layar 3,5 incinya telah mengemas resolusi 960 x 640 pixel yang amat tajam, serta gaya desain baru yang sangat elegan. Dari sisi software, iOS 4 yang dijalankannya akhirnya memperkenalkan fitur multitasking, serta layanan video chat yang kita kenal dengan nama FaceTime
5. iPhone 4S
iPhone 4S adalah salah satu yang paling bersejarah sepanjang kiprah Apple, karena hanya sehari setelah ia diumumkan pada tanggal 4 Oktober 2011, Steve Jobs menghembuskan nafas terakhirnya. iPhone generasi kelima ini masih mempertahankan desain milik pendahulunya, namun juga merupakan iPhone pertama yang ditawarkan dalam warna putih.
Huruf “S”pada namanya melambangkan “Siri”, dan ia juga menjadi iPhone pertama yang mengusung prosesor berinti ganda. Soal software, ia menjalankan iOS 5 yang memperkenalkan layanan iCloud dan iMessage.
6. iPhone 5
Diumumkan di tahun 2012, iPhone 5 hadir dengan perubahan desain yang cukup drastis ketimbang pendahulunya. Bentuknya lebih tipis dan lebih ringan, sedangkan layarnya memanjang menjadi 4 inci dan aspect ratio-nya berubah dari 3:2 menjadi 16:9, namun dengan kepadatan pixelyang sama yakni 326 ppi. iPhone generasi keenam ini (jangan dibingungkan dengan namanya) sempat membuahkan kontroversi karena mengemas port baru bernama Lightning, menggantikan port 30-pin yang sudah dipakai sejak era iPod generasi ketiga.
iPhone 5 juga merupakan salah satu iPhone yang paling langka. Pasalnya, ia hanya sempat dijajakan selama setahun saja sebelum akhirnya digantikan oleh iPhone 5C, yang pada dasarnya sama persis tetapi dibalut kemasan plastik warna-warni.
7. iPhone 5S
Baru dua tahun yang lalu ia muncul, iPhone 5S adalah yang pertama kali ditawarkan dalam varian warna emas. Meski tidak ada konfirmasi dari Apple, banyak yang menduga huruf “S” pada namanya melambangkan “Security”, dimana iPhone 5S memperkenalkan sensor sidik jari bernama Touch ID.
Apple juga dengan bangga memperkenalkan prosesor berarsitektur 64-bit-nya pertama kali melalui iPhone 5S. Performanya yang kencang memungkinkannya untuk merekam video slow-motion untuk pertama kalinya sepanjang sejarah iPhone. Soal software, ia ersam ersama iOS 7 yang mempunyai tampilan yang benar-benar berbeda dari sejak iPhone generasi pertama diluncurkan.
8. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus
Benar-benar berbeda dari sebelum-sebelumnya, tahun 2014 kemarin Apple memperkenalkan dua iPhone sekaligus. Ukuran keduanya sama-sama membengkak, masing-masing dengan layar 4,7 dan 5,5 inci, dan bodinya pun terus menipis hingga lensa kameranya harus menonjol sendirian. Selain perubahan desain yang radikal, iPhone 6 dan 6 Plus juga pertama kalinya mengemas chip NFC sehingga pengguna bisa menikmati layanan pembayaran elektronik Apple Pay.
9. Iphone 6s dan iPhone 6s Plus
Kemudian, Apple kembali lagi merilis dua ponsel unggulannya pada 25 September 2015. Tak lain adalah iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.
Perusahaan asal California, Amerika Serikat itu masih mengusung layar sama seperti generasi sebelumnya, masing-masing dengan ukuran layar 4,7 inci dan 5,5 inci tapi agak tebal dan dibalut bahan aluminium seri 7000 yang lebih kuat.iPhone 6 Plus lebih tebal 0.2 mm dibandingkan iPhone 6, masing-masing memiliki bobot 143 gram dan 192 gram.
Selain ketebalan yang berbeda, apa lagi sih perbedaan iPhone 6 dengan 6S? Generasi iPhone ke 9 ini menghadirkan fitur andalan dan teknologi baru, 3D Touch. Hardware ini mirip Force Touch yang dibenamkan di jam tangan pintar Apple Watch sebelumnya.Apple menawarkan multi-touch terbaru ini di dua jenis iPhone 6S tersebut. Fungsi 3D Touch adalah mendeteksi tingkat tekanan yang berbeda pada layarnya. iPhone 6S dan iPhone 6S Plus mampu mengetahui apakah kita menyentuhnya dengan pelan atau keras dan mereseponnya dengan hal yang berbeda pula.Pada generasi iPhone ini, Apple sudah meninggalkan kamera belakang resolusi 8MP dan meningkatkan kamera depan menjadi 12 megapixel yang mampu merekam video 4K.Apple mengklaim prosesor iPhone 6S, chip A9 dan iOS 9 mampu meningkatkan kinerjanya hingga 70% dan juga performa grafis yang kemampuannya lebih baik 90% dari pendahulunya.iPhone 6s dan iPhone 6s Plus tersedia dalam tiga varian berdasarkan kapasitas memori yaitu 16GB, 64GB dan 128GB dan pilihan warna yang lebih banyak dan menakjubkan antara lain Silver, Gold, Space Gray dan Rose Gold.
10. iPhone SE
Pada 22 Maret 2016, Apple merilis iPhone Special Edition yang dilabeli iPhone SE. iPhone generasi penerus setelah iPhone 6S dan 6S Plus tapi desainnya sama persis dengan iPhone 5S.Meskipun layarnya hanya berukuran 4 inci, spesifikasi iPhone SE sama dengan iPhone 6S. Ditenagai prosesor A9, setara dengan chip yang terpasang di iPhone 6S dan cangkangnya dilapisi material aluminium.
Sayangnya, tidak ada beberapa fitur yang dihilangkan seperti 3D Touch, yang ada hanya Touch ID versi pertama. Ini adalah salah satu kekurangan iPhone SE.
Sedangkan spesifikasi kamera iPhone SE sama dengan iPhone 6S, 12MP mampu merekam video 4K. Kekurangan iPhone SE terletak di kamera depan 1,5 megapixel.Tidak ada yang perlu dibanggakan dengan resolusi layar iPhone SE karena hampir mirip iPhone 5S, 1136 x 640 piksel.
Untuk spesifikasi yang tidak sama persis dengan iPhone 6S itu, iPhone SE dibanderol dengan harga $399 (5,1 juta) untuk kapasitas memori 16GB sedangkan untuk kapasitas 64GB dihargai $499 (6,6 juta). Buat Anda yang menyukai ponsel kecil tapi performa yang memuaskan, sangat cocok menggunakan iPhone SE. Tak sedikit orang yang menyebutnya sebagai iPhone murah. iPhone kecil dengan performa tinggi, singkatnya seperti itu mungkin.
11. iPhone 7 dan 7 Plus
Pada masa ini, tepatnya 7 September 2016 lalu Apple menggelar event untuk mengumumkan kelahiran dua iPhone generasi kesepuluh. Kedua iPhone generasi ke 10 itu adalah iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.
Seperti apa sih ponsel Apple terbaru itu? Mari kita bahas satu persatu spesifikasi dan fitur terbaru iPhone 7 dan 7 Plus ini.
Dimulai dari desain, tidak jauh beda dibandingkan generasi sebelumnya tapi membawa peningkatan dan penambahan fitur baru mulai dari layar, kamera, prosessor, baterai tahan lama, headphone, kapasitas memori hingga tahan air (waterproof).
Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus nampak kelihatan dari ukuran layarnya, masing-masing dengan ukuran 4,7 inci, resolusi 1334 x 750 piksel dan 5,5 inci, resolusi 1920 x 1080 piksel. Selain itu, sudah menggunakan layar Retina HD Display yang diyakini akan membuat penggunanya betah berlama-lama menatap layarnya dan sangat nyaman digunakan bermain game ataupun nonton video.
Resolusi kamera masih tetap sama dengan iPhone 6S, 12MP. Ada dua kamera ganda yang dipasang secara terpisah di bagian belakang iPhone 7 Plus yaitu Telephoto dan Wide untuk memaksimalkan hasil jepretan.
Ada berbagai fitur yang mendukungnya seperti OIS, Phase Detection Autofocus (PDAF) dan quad-LED True Tone. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 7MP sangat bagus dan lebih tajam jika digunakan untuk panggilan video ataupun selfie.
Untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih bagus, Apple memilih meninggalkan port audio 3,5 mm menggantinya menjadi Lightning. Raksasa asal Cupertino itu juga merancang tombol Home iPhone 7 dan 7 Plus tanpa suara klik dan terasa bergetar ketika ditekan karena dilengkapi dengan teknologi Taptic Engine.
Prosesor A10 quad-core 64 bit Fusion yang kecepatannya 2x lipat dibandingkan iPhone 6 dan teknologi GPU yang performanya 2 kali lebih cepat dibandingkan iPhone 6S. Walaupun keduanya mampu menjalankan iOS 10 dengan fitur asisten digital Siri yang lebih pintar tapi iPhone 7 dibekali RAM 2GB dan iPhone 7 Plus 3GB sehingga Anda tidak akan mengalami masalah saat bermain game online high-end.
Masalah ketahanan baterai, Apple mengklaim baterai iPhone 7 tahan lebih lama sekitar 2 jam dibandingkan iPhone 6S sedangkan baterai iPhone 7 Plus tahan lebih lama 1 jam dari iPhone 6S Plus.
Untuk menunjang aktivitas, Apple sudah menyiapkan kapasitas memori yang lebih besar. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus menyediakan tiga kapasitas penyimpanan antara lain 32GB, 128GB dan 256GB. 16GB dan 32GB sudah tidak lagi tersedia lagi di kedua seri ponsel ini.
Dalam hal varian warna, ada 4 pilihan yang tersedia yaitu Silver, Gold, Rose Gold, Black Matte, Jet Black (hitam mengkilat), dan juga red (memberi kesempatan bagi para konsumen untuk berkontribusi dalam Global Fund, suatu kemitraan swasta global untuk menarik dukungan dalam mencegah dan memperlakukan kasus HIV/AIDS, serta membawa dunia selangkah lebih dekat pada generasi bebas AIDS.)
12. Iphone 8 dan 8 plus
iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Duo smartphone ini memiliki teknologi yang kian canggih yaitu: Desain elegan yang menawan dan nyaman digenggam - Desain dari kedua smartphone terbaru Apple ini akan mememukau siapa saja melakukan unbox terhadap keduanya. Desain lekukan yang sama dengan seri sebelumnya kini dibekali dengan desain kaca terkuat dalam sejarah ponsel pintar, baik bagian depan maupun bagian belakangnya. Kedua smartphone ini memiliki tepi aluminium high end dengan warna serasi mulai dari silver, space grey, dan gold yang membuatnya semakin cantik. Anda pun akan semakin terlihat modern dan penuh gaya karena kesan elegan kian terpancar melalui efek glossy yang begitu menawan. Display canggih nan memesona mata - Memandang ke layar kedua smartphone ini akan membuat kedua mata terpesona. iPhone 8 dilengkapi dengan layar retina HD seluas 4,7 inci yang lebih bagus dari seri sebelumnya. White balance juga akan secara otomatis disesuaikan agar pas dengan pencahayaan di sekitarnya melalui teknologi True Tone Display.
Gambar yang tampak di layar juga lebih cerah dan cemerlang karena teknologi ini memberikan rentang warna lebih luas dan akurasi warna lebih baik. Tampilan layar pun tetap begitu memesona dari berbagai sudut melalui pixel domain gandanya. Kecanggihan ini juga bisa dinikmati pada iPhone 8 Plus, tetapi layarnya lebih besar yaitu 5,5 inci. Kamera yang siap abadikan momen dengan lebih baik - Kehadiran kamera pada smartphone tentunya menjadi hal penting. Kedua ponsel pintar ini pun turut menghadirkan kamera yang canggih. Resolusi kamera pada iPhone 8 adalah 12 MP wide angle yangdidukung oleh sensor lebih besar dan cepat dalam mengabadikan momen. Foto dan video juga didukung oleh pixel yang lebih dalam dan penstabilan gambar optik. Metode potert yang semakin memukau dapat ditemukan di iPhone 8 Plus untuk menciptakan efek blur pada latar belakang dan fokus tajam pada obyek utama. Kemampuan ponsel smartphone ini semakin terasa dengan kemampuan zoomnya yang mencapai 10x pada foto dan 6x pada video sehingga hasilnya akan semakin mengagumkan. Chipset terpintar di kelasnya - Tidak hanya tampilan luar dan kameranya saja yang bagus, kedua smartphone ini juga memiliki performa gahar.
Chipset A11 Bionic yang lebih cepat 70 persen dari pendahulunya tertanam pada kedua ponsel pintar ini. Tak hanya itu, tertanam pula dua core dengan performa hingga 25 persen lebih cepat. Kepintaran chipset ini ditunjukkan melalui kemampuan pengaturan dayanya yang lebih bagus. Daya baterai akan senantiasa dijaga dengan baik, tetapi daya yang besar juga akan disediakan saat dibutuhkan. GPU tiga core pada A11 Bionic membuat pengolahan grafis menjadi 30 persen lebih cepat daripada seri sebelumnya. Chipset ini juga menyediakan daya untuk aplikasi dan game augmented reality yang lebih menakjubkan. Sistem Operasi yang kian unggul - iOS 11 yang hadir pada iPhone 8 dan iPhone 8 plus membuat penggunaan berbagai aplikasi kini hanya melalui sedikit sentuhan. Efek foto juga akan semakin menarik dengan Live Photo. Selain itu ada lebih banyak aplikasi dan game Augmented Reality yang dapat dinikmati pada seri ini. Kedua ponsel pintar ini semakin hebat dengan kemampuan splash, water, dan dust resistant sehingga tetap bisa menggunakannya dalam situasi apapun. Berbagai fitur canggih yang disematkan pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tentunya semakin memantaskan kedua ponsel ini untuk dimiliki oleh kaum urban masa kini.
13. Iphone X
Apple akhirnya memperkenalkan iPhone X sebagai lini yang benar-benar beda dari sebelumnya, menandai satu dekade kiprah sang raksasa di industri smartphone. Hal yang paling mencolok dari iPhone X adalah desain yang berbingkai tipis atau populer disebut “bezel-less” berukuran 5,8 inci. Layar demikian dimungkinkan jenis OLED yang pertama kali dipasang pada iPhone. Bodi iPhone X berbalut stainless steel berkualitas layaknya iPhone 8 dan 8 Plus.
Tak cukup sampai di situ, tampilannya pun mengusung Super Retina yang diklaim membawa kontras terbaik, resolusi tinggi, serta warna lebih beragam, kaya, dan akurat. Tampilan Super Retina iPhone X memiliki resolusi 2436 x 1125 piksel dan kerapatan 456 ppi. Ini adalah kerapatan piksel paling tinggi sepanjang sejarah iPhone. iPhone X tak lagi memiliki tombol Home sama sekali. Untuk memulai navigasi, pengguna cukup menyapu layar ke atas. Ada tombol fisik di sisi kanan yang berguna untuk berbicara dengan asisten digital Siri. Baca: iPhone X Tak Punya Tombol Home, Begini Cara Memakainya Face ID yang lebih aman Lantas, bagaimana cara membuka iPhone X? Senior VP Marketing Apple, Phill Schiller, mencontohkannya dengan cara simpel. Tak perlu menekan apa-apa, cukup melihat ke arah layar iPhone X. “Kami menyebutnya sebagai Face ID,” ujar Phill Schiller. Lebih lanjut, Phill Schiller menyebut Face ID temuan Apple bakal menjadi game-changing di industri smartphone untuk melindungi keamanan pengguna. Fitur Face ID ini dimungkinkan oleh algoritma ciptaan Apple yang dipadankan kemampuan TrueDepth di kamera depannya. Pertanyaan berikutnya, seberapa cepat Face ID iPhone X mengenali wajah pengguna? Pemrosesannya terjadi secara real-time dan diklaim sulit ditipu karena terus mempelajari pola wajah. Meski pengguna mengganti gaya rambut, memakai topi, atau memakai kacamata,
Face ID disebut-sebut tetap bisa mengenali wajah si empunya iPhone X. Face ID juga bisa membedakan raut wajah asli dengan foto, sehingga enggan tertipu foto wajah. Face ID dikatakan lebih aman ketimbang Touch ID. Sebab, perbedaan sidik jari manusia berbanding 1:50.000, sementara pola wajah berbanding 1:1.000.000 alias lebih unik dan langka. Baca: 8 Fitur iPhone X yang
Mencontek Android Animoji Selain inovasi Face ID, Apple juga menghadirkan emoji bergerak yang dinamai “animoji”. Apple sadar betul bahwa generasi saat ini senang berbagi emoji dan animoji diharapkan bisa meningkatkan pengalaman berekspresi. Kamera ganda dengan dual-OIS Tak seperti iPhone 8 Plus yang kamera gandanya horizontal, kamera ganda pada iPhone X dibuat vertikal. Sensornya berkualitas 12 megapiksel dengan filter warna baru, piksel lebih dalam, serta bukaan masing-masing f/1.8 dan f/2.4.
Kamera ganda ini sudah disematkan stabilisator alias OIS di masing-masing lensanya. Selengkapnya, kamera iPhone X Memiliki zoom low-light yang lebih baik, perekaman video lebih mumpuni, serta quad-LED True Tone flash untuk pembidikan di situasi gelap yang semakin natural. Baca: Membandingkan Spesifikasi iPhone X, iPhone 8, dan Galaxy Note 8 Kamera selfie-nya pun ditingkatkan. Jika pada iPhone 8 Plus portrait lighting cuma di sisi belakang, maka di iPhone X mode itu bisa pula dilakukan untuk selfie. Spesifikasi lain iPhone X mencakup speaker stereo, anti-air dan anti-debu, pengecasan tanpa kabel, serta pengecasan cepat.
14. Iphone XR, XS, XS MAX
a. iPhone XR
Smartphone yang satu ini tmenggunakan chipset Apple A12 Bionic Hexa-core lengkap dengan Apple GPU Quad-core. Chipset ini memiliki performa yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan pendahulunya. iPhone XR ini memiliki RAM 3 GB dengan tiga varian internal memori yakni 64 GB, 128 GB dan 256 GB.
iPhone XR ini bisa dibilang merupakan generasi penerus dari iPhone 8 yang dirilis tahun lalu. Kamera belakang iPhone XR memiliki resolusi 12 MP dan sudah dilengkapi dengan Quad-LED dual-tone flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Bahkan memiliki fitur untuk menentukan tingkat aperture yang dapat menghasilkan efek foto bokeh (background blur).
Sementara kamera depannya memiliki resolusi 7 MP, sudah dapat mengakomodasi foto selfie atau video call dengan baik. Fitur Face ID juga telah disematkan oleh Apple pada iPhone XR ini, sehingga penggunanya dapat membuka kunci dengan cepat hanya dengan memindai wajah. iPhone XR ini juga sudah dilengkapi dengan sertifikat IP67 yang membuktikan bahwa iPhone XR ini tahan air hingga kedalaman satu meter. Harga iPhone XR mulai $749 atau sekitar 12 juta rupiah, dan tersedia dalam lima varian warna hitam, putih, merah, biru coral, dan kuning.
b. iPhone XS
iPhone XS dan XS Max yang baru diluncurkan oleh Apple ini merupakan generasi penerus dari iPhone X yang dirilis oleh Apple tahun lalu. Namun tentu saja generasi terbaru dari iPhone X ini membawa banyak peningkatan dibandingkan dengan terdahulunya. Peningkatan yang terdapat pada iPhone XS dan XS Max diantaranya adalah prosesor A12 dan kamera ganda 12 MP (wide dan tele), serta sudah mendukung dual-SIM card.
iPhone XS menggunakan chipset Apple A12 Bionic dengan konfigurasi Hexa-core (2 inti besar + 4 inti kecil) lengkap dengan GPU Quad-core, dan Neural Engine Octa-core. iPhone XS ini tersedia dalam tiga varian internal storage yakni: 64 GB, 256 GB, dan 512 GB. Hanya sayangnya kapasitas RAM dan baterai dari smartphone ini tidak diungkapkan oleh pihak Apple.
iPhone XS ini memiliki dua kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera primer 12 MP dengan aperture f/1.8 dan kamera sekunder 12 MP dengan aperture f/2.4 serta dilengkapi dengan Quad-LED dual-tone Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 7 MP dengan aperture f/2.2 yang dapat menghasilkan foto selfie dengan baik. Fitur Face ID telah disematkan Apple pada iPhone XS ini sehingga penggunanya dapat membuka kunci dengan cepat dengan hanya memindai wajah.
Dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, GPS, dan iOS 12 juga telah hadir pada iPhone XS ini. Sertifikat IP68 pun telah disematkan pada smartphone ini, hal ini membuktikan bahwa iPhone XS ini tahan terhadap air hingga kedalaman dua meter. iPhone XS ini dijual mulai dari $999 atau sekitar 15 juta rupiah. iPhone XS dan XS Max tersedia dalam tiga varian warna yakni gold, silver, abu-abu.
c. iPhone XS Max
iPhone XS Max ini adalah versi lebih besar dari iPhone XS. iPhone XS berukuran layar 5,8 inci, sedangkan iPhone XS Max memiliki layar lebih besar dengan ukuran 6,5 inci. Namun keduanya memiliki kualitas layar yang sama dan telah dilengkapi dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10. iPhone XS Max mengusung layar Super Retina berjenis OLED dengan kerapatan 458 ppi, dan memiliki resolusi 2.688 x 1.242 piksel.
Sama seperti iPhone XS, iPhone XS Max ini juga mengandalkan prosesor A12 Bionic yang mampu menjalankan program 15 persen lebih cepat. Dari segi kamera, iPhone XS Max juga memiliki kesamaan dengan iPhone XS yakni memiliki dual kamera belakang dengan resolusi 12 MP dan kamera depan 7 MP. Fitur kamera yang ditonjolkan adalah Smart HDR, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membidik empat foto berturut-turut tanpa ada shutter lag sama sekali.
iPhone XS dan XS Max juga sudah mendukung dual sim card dan keduanya bisa sama-sama aktif atau diistilahkan “Dual SIM Dual Standby”. Walaupun Apple tidak mengungkapkan kapasitas baterai untuk iPhone XS dan XS Max namun baterai iPhone XS diklaim lebih tahan 30 menit lebih lama dibandingkan dengan baterai iPhone X. Sedangkan baterai iPhone XS Max tahan 90 menit lebih lama dibandingkan baterai iPhone X.
Sudah selesai kita mereview produk iPhone, kesimpulannya perkembangan teknologi sekarang makin cepat, dengan perkembangan teknologi membuat kita semakin mudah mencari informasi dan mendapatkan suatu informasi, dan membuat kita makin mudah melalukan apa yang kita inginkan dana apa yang kita butuhkan, dari perkembangan teknologi ini dapat melahirkan inovasi – inovasi baru yang akan lebih besar dan lebih dari sebelum – seblumnya, dan terlahirnya teknologi – teknologi terbaru masa kini yang semakin mengerti dan memudahkan segala pekerjaan kita.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kawan – kawan semua…..
Sumber :
Komentar
Posting Komentar